KEGIATAN MAGANG ENTREPRENEURSHIP

Magang Prodi DIII Kebidanan Blora

Pendahuluan

Masalah bangsa yang sangat klasik dan  meresahkan adalah tidak imbangnya lapangan kerja dibandingkan dengan jumlah pencari kerja. Dengan adanya masalah klasik ini Negara kita telah menumpuk stok pengangguran yang jumlahnya tiap hari semakin membengkak.

Badan Pusat Statistik (BPS) melansir jumlah pengangguran pada Agustus 2014 sebanyak 7,24 juta jiwa, atau berkurang sebanyak 170.000 jiwa dibanding jumlah pengangguran pada Agustus 2013. Namun, jika dibandingkan dengan data Februari 2014, jumlah pengangguran naik sebanyak 90.000 jiwa. Dari data tersebut dapat diproyeksikan seberapa berat tanggungjawab pemerintah yang harus menyiapkan lapangan pekerjaan sesuai jumlah pengangguran tersebut. Tanpa adanya dukungan banyak pihak, pemerintah tidak mungkin sanggup mengatasi masalah ini dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka langkah-langkah dini dan kongkrit sudah harus mulai diperhitungkan oleh semua pihak termasuk Lembaga Pendidikan Tinggi. Lembaga pendidikan mempunyai peran dan tanggungjawab yang besar dalam mencarikan solusi untuk mengatasi kondisi tersebut. Dengan ikut memikul tanggungjawab dan mencarikan solusi terhadap masalah minimnya lapangan kerja ini diharapkan akan dapat merubah citra Lembaga Pendidikan Tinggi yang selama ini dianggap sebagai salah satu penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia.

Enterpreneurship (berwiraswasta/wirausaha) merupakan salah satu alternatif solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. Lembaga-lembaga Pendidikan Tinggi mempunyai peran untuk mencetak mahasiswanya menjadi  wiraswasta-wiraswastawan baru yang kompeten dibidangnya sehingga mampu menghasilkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang memiliki pengetahuan tinggi, percaya diri dan berjiwa wirausaha sejati. Oleh karena itu Prodi DIII Kebidanan Blora Poltekkes Kemenkes Semarang yang memiliki visi mencetak lulusan berkemampuan entrepeneurship, bekerjasama dengan Rumah sehat bunda kartika dan kiddy healthy baby spa menyelenggarakan Magang Entrepeneurship untuk membentuk pola pikir wirausahawan yang memiliki potensi kemampuan, semangat, keinginan yang komperensif dan motivasi yang tinggi untuk maju dan berkembang dalam kondisi apapun.

APA ITU ENTREPRENEURSHIP????????

Berasal dari kata enterpteneur yang berarti orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual. Wirausaha sering juga disebut wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Meski demikian wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang berbeda . Wiraswasta tidak memiliki visi pengembangan usaha sedangkan wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya.

MANFAAT ENTREPRENEURSHIP?????

Memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan dan peluang bagi pebisnis untuk mencapai tujuan hidupnya, Memberi peluang melakukan perubahan,  Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya, Memiliki peluang

untuk meraih keuntungan, Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakan dan mendapatkan pengakuan atas usahanya, Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakan.

TUJUAN MAGANG ENTREPRENEURSHIP?????

Membekali lulusan dengan kemampuan entrepeneurship, Meningkatkan kualitas lulusan agar mampu bersaing di dunia kerja, Sebagai salah satu program sertifikasi Prodi DIII Kebidanan Blora, Mendukung program pemerintah dalam mengurangi pengangguran di masyarakat

KEGIATAN TERLAKSANA KAPAN???

Kegiatan Magang Entrepreneurship dilaksanakan selama 1 minggu untuk setiap mahasiswa dimulai dari tanggal 16 Januari – 12 Maret 2017. Peserta pelatihan sebanyak 41 mahasiswa  semester VI ini dilaksanakan di Rumah sehat bunda kartika dan kiddy healthy baby spa.

KESIMPULAN

Magang Entrepreneurship terlaksana dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan Prodi DIII Kebidanan Blora agar mampu bersaing di dunia kerja.

Magang Prodi DIII Kebidanan Blora

magang-2 magang-3

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *