UCAP JANJI MAHASISWA & KULIAH UMUM “Peningkatan Kualitas Asuhan Kebidanan Melalui Budaya Patient Safety”

MAGELANG — Ucap Janji merupakan kegiatan seremonial yang dilakukan mahasiswa Kebidanan untuk diambil sumpahnya setelah mengikuti kegiatan perkuliahan selama 2 semester, upacara ucap janji ini dilakukan sebelum mahasiswa terjun ke lahan praktek. Dalam upacara ucap janji mahasiswa di pasangkan kap dan berikrar sumpah sebagai mahasiswa Kebidanan.

Prodi Kebidanan Magelang , Poltekkes Kemenkes Semarang yang terdiri dari mahasiswa tingkat I dari Prodi D III Kebidanan dan D IV Kebidanan Magelang melaksanakan kegiatan Ucap Janji pada hari Jumat (19/05/2017) bertempat di Gedung Serbaguna Kampus V Poltekkes Kemenkes Semarang. Dalam upacara ucap janji selain pengambilan sumpah kepada mahasiswa kebidanan juga dilaksanakan kegiatan sarasehan untuk orang tua mahasiswa, dan kegiatan kuliah umum .

Prosesi sumpah janji mahasiswa kebidanan Prodi D III dan Prodi D IV Kebidanan Magelang dilakukan dengan hikmat . Acara sumpah janji dilaksanakan dari pukul 08:00 – 11:00 WIB , dihadiri oleh Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang Ibu Runjati M,Mid , Ketua Prodi D III Kebidanan Magelang Ibu Sri Widatiningsih M,Mid , Ketua Prodi D IV Kebidanan Magelang Ibu Esti Handayani M,Mid dan para orang tua / wali mahasiswa. Dalam acara ucap janji Ibu Runjati M,Mid memberikan sambutan dan tak lupa memberikan wejangan serta  motivasi terhadap mahasiswa yang akan terjun ke dunia lahan praktek, sebagai bidan di era sekarang harus memiliki nilai lebih , baik berupa kualitas personal dan soft skill. Di pertengahan acara ada pula pemberian penghargaan terhadap mahasiswa berprestasi dari Prodi D III Kebidanan dan Prodi D IV Kebidanan Magelang.

page

dscf7750

Setelah acara ucap janji mahasiswa dilaksanakan , acara di lanjutkan dengan Kegiatan sarasehan yang di ikuti oleh orang tua / wali mahasiswa. Dalam acara sarasehan para orang tua / wali diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai kegiatan belajar mengajar dalam Prodi Kebidanan Magelang. Saling bertukar pikiran antara perwakilan Prodi Kebidanan Magelang dengan para orang tua / wali mahasiswa.

dscf7797

dscf7819

Kegiatan selanjutnya diadakan kuliah umum oleh narasumber Ibu Sri Purwaningsih ,S.Kep, Ners, M.Sc. Dalam kuliah umum ini diadakan untuk semua mahasiswa prodi D III Kebidanan dan Prodi D IV Kebidanan Magelang. Tema kuliah umum kali ini ” Peningkatan Kualitas Asuhan Kebidanan Melalui Budaya Patient Safety “ mahasiswa diajarkan untuk selalu memperhatikan keselamatan pasien dan diri sendiri , mencegah terjadinya kecelakaan kerja dalam lahan praktek. Mahasiswa antusias mengikuti kegiatan kuliah umum , karena merupakan ilmu baru yang dapat di jadikan bekal dalam terjun ke lahan praktek nantinya.

iii

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *