INTERNATIONAL STUDY VISIT JURUSAN KEBIDANAN KE PATTANI SONGKLA UNIVERSITY, FACULTY OF NURSING, PATTANI CAMPUS, THAILAND

img-20171019-wa0007

Kunjungan ke Yaring Hospital

Dosen dan mahasiswa di Jurusan Kebidanan Politehnik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang  melakukan kegiatan international study visit. Kegiatan tersebut diikuti oleh Program Studi di lingkungan Jurusan Kebidanan baik di Semarang, Magelang, Purwokerto maupun Blora. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan dari Prodi D III, S1 Terapan kebidanan dan Prodi profesi Bidan. Kegiatan diselenggarakan  sejak tanggal 8 sampai tanggal 12 Oktober 2017. Study visit dilakukan ke Pattani Songkla University, Faculty of Nursing, Pattani Campus, Thailand. Sebanyak 4 orang dosen melakukan lecture exchange dan 6 mahasiswa melakukan clinical practice di pelayanan kesehatan khususnya dibidang kebidanan di Pattani, Thailand.

img-20171019-wa0002-1

Lecturer Exchange

img-20171019-wa0003

Involving at Laboratorium Campus

Kegiatan dimulai dengan serah terima MOU, clinical and hospital obeservation, university visit,  clinical practice, lecture exchange with an oral presentation, and refletive study visit. Kunjungan lahan dilakukan di Bana Sub Distric Health Promotion Hospital, Yaring Hospital, Pattani Distric Hospital, dan Songklanagarin Hospital di HatYai. Dosen yang  melakukan presentasi adalah Sri Sumarni dengan tema midwifery research in Indonesia, Suparmi dengan tema community midwifery in Indonesia, Wahyu Pujiastuti dengan Midwifery Practice in Indonesia, dan Murti Ani dengan tema Health Reproduction and family planning in Indonesia.

Beberapa hal yang dapat diambil pembelajaran dari kegiatan tersebut adalah health promotion sangat penting dilakukan. Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Screening pada ibu hamil sangat ketat. Screening setiap kali kunjungan ANC untuk mendeteksi adanya kasus anemia, thalasemia, HBSAg, HIV/AIDS, DM, proteinuria, maupun kasus terkait dengan kelenjar Tiroid. Kasus yang perlu perhatian pada kasus rujukan adalah prematuritas, heart deseases, DM, Hipo/Hipertiroidisma, dan thalasemia. Banyaknya kehamilan usia dini atau pregnancy teenagers sangat banyak dijumpai di Thailand khususnya Pattani. Buku mengenai pemantauan tumbuh kembang anak mencatat tumbang sejak bayi sampai usia 12 tahun.

Banyak hikmah yang dapat dipertik dari kunjungan ke Pattani Songkla University. Persiapan yang bisa dilakukan bagi peserta study visit diantaranya adalah persiapan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mutlak dilakukan, kesiapan kesehatan berkaitan dengan waktu kunjung dan kegiatan yang sangat padat, serta persiapan kegiatan dengan institusi yang dituju dapat diorganisir dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan dengan lebih baik pada waktu yang akan datang apalagi PSU sangat terbuka untuk kegiatan pembelajaran misalnya transfered credit, student dan lecturer exchange, workshop, dan kegiatan yang lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *