Praktik Klinik Kebidanan (PKK) 1 Kelas RPL Tahun 2018

SEMARANG – Poltekkes Kemenkes Semarang merupakan Unit Pelaksana Teknis Badan PPSDM Kesehatan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dan pendidikan Profesi. Prodi D III Kebidanan merupakan salah satu program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Semarang. Sesuai amanah Kepmenristek Dikti No 113 /M/KPT/2017 tentang Perguruan Tinggi penyelenggara Pendidikan Tenaga Kesehatan melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau bagi lulusan D I Bidan di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Kurikulum Pendidikan Tinggi Program Afirmasi  Dengan Pendekatan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)  Prodi Studi Diploma III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta III merupakan pedoman penyelenggaraan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau bagi Program Studi  D III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang.

Program Studi DIII Kebidanan Semarang sudah 2 kali menyelenggarakan kelas RPL. Untuk angkatan pertama sejumlah 16 orang dan melaksanakan wisuda setelah menmpuh pendidikan selama 1 tahun. Untuk angkatan kedua, kelas RPL tahun 2018 berasal dari wilayah Kota dan Kabupaten Semarang, Blora, Temanggung, Cepu, dan Kendal. Setelah menempuh pembelajaran teori mahasiswa RPL Bidan melaksanakan Praktik Klinik kebidanan.

Mata kuliahPKK I dilaksanakan selama 2 minggu mulaitanggal 19 November 2018 dan  berakhir pada tanggal  1 Desember 2018. Adapun tempat praktik mahasiswa adalah Puskesmas Sumber, Kaliori, Randulawang, Kedungtuban, Sonokidul,Todanan, Ngroto, Jepon, Doplang, Blora, Singorojo 1, Singorojo 2, Pringapus, Bugangan, Kaloran, dan Selopampang. Adapun Rumah Sakit yang digunakan untuk praktik adalah RSUD Blora RSU Dr. R Soeprapto, dan RSUD Temanggung.

Mahasiswa RPL Bidan Prodi D III Kebidanan Semarang yang berjumlah 23 orang sangat antusias melakukan asuhan kebidanan fisiologis. Pembimbing institusi melakukan bimbingan dan supervise ke tempat praktik mahasiswa. Pembimbing praktik sangat mendukung pelaksanaan praktik dengan memberikan bimbingan dengan pre conference, bedside teaching, dan post conference. Bagian praktik Prodi D III Kebidanan Semarang, Farida Sukowati, SSiT, M.Kes menyampaikan bahwa target praktik klinik yang diharapkan adalah mahasiswa mampu membuat asuhan kebidanan fisiologis pada ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, dan pelayanan keluarga berencana dengan jumlah sesuai dengan buku panduan pembelajaran. Lebih jauh, KaProdi D III Kebidanan Semarang, Sri Sumarni, M.Mid menegaskan bahwa walaupun pembelajaran program kelas RPL ditempuh selama satu tahun, kompetensi yang akan dicapai oleh mahasiswa RPL sama dengan kompetensi program studi D III Kebidanan kelas regular yang menempuh pembelajaran selama 3 tahun.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *