HIMPUNAN MAHASISWA PRODI DIII KEBIDANAN PURWOKERTO DAN IKATAN ALUMNI MIDWIFERY (IKAMIDIY) MENYELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL TENTANG PERAN BIDAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT TIDAK MENULAR

bannerPenyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang dianggap tidak dapat ditularkan atau disebarkan dari seseorang terhadap orang lain, sehingga bukan merupakan suatu ancaman bagi orang lain. Penyakit Tidak Menular merupakan beban kesehatan utama di Negara-negara berkembang maupun Negara industri. Berdasarkan laporan WHO mengenai Penyakit Tidak Menular di Asia terdapat lima Penyakit Tidak Menular dengan tingkat kesakitan dan kematian yang sangat tinggi, yaitu penyakit jantung, diabetes mellitus, hipertensi, kanker dan Penyakit Pernafasan obstruksi kronik. Salah satu penyakit tidak menular yang tertinggi di dunia adalah hipertensi. Hipertensi menjadi masalah kesehatan utama di dunia. Menurut WHO tahun 2013, terdapat 1 milyar penduduk di dunia menderita hipertensi. Prevalensi hipertensi di Amerika sebesar 33%, Afrika 46% dan di negara maju 35%. Pada tahun 2013, di Indonesia prevalensi hipertensi sebesar 27,8% dan meningkat menjadi 34,1% pada tahun 2018. Hipertensi merupakan faktor risiko utama peningkatan angka kesakitan dan kematian karena penyakit kardiovaskular, cerebrovaskular dan gagal ginjal tahap akhir.

Hipertensi pada kehamilan sering terjadi dan merupakan penyebab utama kematian ibu melahirkan, serta memiliki efek serius lainnya saat melahirkan. Hipertensi pada kehamilan terjadi pada 5% dari semua kehamilan. Di Amerika Serikat angka kejadian kehamilan dengan hipertensi mencapai 6-10 %, dimana terdapat 4 juta wanita hamil dan diperkirakan 240.000 disertai hipertensi setiap tahun. Hipertensi merupakan faktor risiko stroke dan insidennya meningkat pada kehamilan dimana 15% kematian ibu hamil di Amerika disebabkan oleh pendarahan intraserebral. Hipertensi yang diinduksi kehamilan memiliki risiko lebih besar mengalami persalinan premature, IUGR (intrauterine growth retardation), kesakitan dan kematian, gagal ginjal akut, gagal hati akut, pendarahan saat dan setelah persalinan, HELLP (hemolysis elevated liver enzymes and low platelet count), DIC (disseminated intravascular coagulation), pendarahan otak dan kejang.

Berdasarkan uraian diatas, kami memfasilitasi para bidan dan mahasiswa kebidanan dengan mengadakan seminar dengan tema “Peran Bidan dalam Pencegahan dan Penatalaksanaan Penyakit Tidak Menular Sebagai Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi” dan pelaksanaan poster presentation untuk menunjang penelitian dalam lingkup kebidanan. Bidan merupakan tenaga kesehatan yang menempati garda terdepan yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak sehingga peran bidan sangat penting untuk mengarahkan ibu beserta keluarganya dalam ikut serta mencegah dan memberantas penyakit tidak menular secara dini. Agar ibu dan keluarga memiliki kesadaran tersendiri untuk dapat menjaga kelangsungan hidupnya.

Nara sumber yang mengisi seminar nasional ini yaitu :

  1. Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes (Ketua Pengurus Pusat IBI)
  2. Daliman, Sp.OG (K) FM (Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo)
  3. Dr. dr. Haidar Alatas, Sp.PD-KGH,M.H,M.M (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Banyumas)

img_20190309_141006_867 dsc08099-01 dsc08108-01 dsc08100-01

Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 09 Maret 2019 bertempat di Ballroom Grand Karlita Hotel Purwokerto, dan acara ini terselenggara atas kerjasama Himpunan Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Purwokerto dengan Ikatan Alumni Midwifery (IKAMIDY) serta dukungan dari berbagai pihak antara lain: Laboratorium Cito, Ummy Inez Collection, JMS 119, Phapros, Wardah, Tupperware dan seluruh pihak yang telah mendukung acara ini yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Ucapan terimakasih kami ucapkan kepada seluruh narasumber, sponsor, peserta dan panitia sehingga acara ini dapat terselenggara dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

dsc07906-01 dsc07898-01

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *