Makrab ‘19 KEBIDANAN BLORA “menjalin keakraban, satukan perbedaan”

makrab1

Malam Keakraban atau biasa disingkat dengan Makrab, merupakan salah satu kegiatan program kerja Kemahasiswaan yang diadakan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) di lingkup Kampus 4 Poltekkes Kemenkes Semarang. Makrab ini diikuti oleh semua warga di lingkungan Prodi D III Kebidanan Blora mulai dari mahasiswa, karyawan bahkan dosen pun ikut serta dalam rangkaian acara Makrab ’19. Disebut Makrab ’19 karena makrab kali ini kebetulan diadakan pada hari Kamis 17 Januari 2019. Sehingga angka ’19 menjadi tanda bahwa makrab diadakan pada tahun 2019. Makrab ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan agar seluruh warga Prodi D III Kebidanan Blora dapat lebih mengenal satu sama lain sehingga dapat menjalin keakraban dalam hubungan kekeluargaan.

Makrab kali ini mengadakan berbagai ajang perlombaan adu kekompakan antar tingkat 1, 2 dan 3. Adapun lomba yangadakan yaitu Yel-yel antar kelompok, SaRang (Sambung Barang), dan Pentas Seni. Ajang perlombaan ini di ikuti oleh  semua mahasiswa baik dari tingkat 1,  2, dan 3 yang kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok. Makrab ’19 dimulai pada pukul 15.00 yang kemudian di buka oleh Bu Krisdiana selaku Ka Prodi D III Kebidanan Blora dan pengarahan dari Bu Puput selaku Sekjen Prodi D III Kebidanan Blora. Setelah acara pembukaan, acara makrabselanjutnya yaitu Outbound dengan perlombaan-perlombaan di lapangan kebidanan. Salah satu hal yang menarik pada saat perlombaan, ketika Perlombaan SaRang atau Sambung Barang. Anggota kelompok harus mempersiapkan 6 orang sebagai perwakilan dari kelompok. Aturan main dari pelombaan ini yaitu peserta menyambungkan barang apapun yang dikenakan kemudian di sambung kedepan secara bergantian sampai garis finish. Barang yang dipakai bisa berupa tali sepatu, sepatu, jam/perhiasan lainnya, kaos kaki, serta dekker. Kecepatan dan kekompakan pun di uji dalam perlombaan ini. Dengan iringan musik dan waktu yang telah ditentukan semua peserta terlihat asyik dan tertawa bersama saat perlombaan telah dimulai. Tidak hanya peserta saja yang heboh mempersiapkan barang yang akan di sambung. Anggota kelompok lainnya pun ikut bersorak sorai memberikan dukungannya kepada kelompoknya. Kemudian setelah perlombaan perlombaan selesai dilaksanakan, pada pukul 19.00 seluruh mahasiswa, karyawan dan dosen berkumpul di Aula. Adapun drescode yang wajib dikenakan yaitu bertemakan Black-Maroon. Selain itu peserta diminta untuk membawa sebingkis kado untuk kemudian ditukarkan kepada teman yang lain. Aturan kadonya pun harus barang yang tidak cepat habis atau awet dengan harga minimal 5.000 dan maksimal 10.000 serta untuk keseragaman harus dibungkusdengan kertas payung coklat. Lalu, acara berikutnya adalah pentas seni. Setiap kelompok wajib mengirimkan sebuah pentas seni. Penampilan nya pun beragam ada yang bernyanyi bersama, holic, musikalisasi puisi, puisi berantai, dan bernyanyi bersama. Acara selanjutnya adalah makan bersama, semua duduk melingkar kemudian makan bersama. Kemudian dilanjutkan dengan renungan, dan bertukar kesan pesan yang positif antar perwakilan mahasiswa.

Walaupun terkesan sederhana, makrab ini sangat berkesan bagi semua unsur yang terkait. Kami merasa senang karena bisa tertawa bersama, berkumpul bersama, dan berbagi kebahagiaan bersama. Sepintas terlihat senyum bahagia di wajah semua setelah acara selesai.

makrab-2

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *