Jum’at Bersih dan Sehat Kebidanan Blora

Sudah terlihat pada judul bahwa kegiatan ini berlangsung pada hari Jum’at saja. Jum’at Sehat Jum’at Bersih ini termasuk dalam kegiatan PHBS (Pola Hidup Besih dan Sehat). Di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya melaksanakan kegiatan ini, karena terdapat banyak manfaat dari kegiatan jumat bersih dan sehat. Namun, derasnya era globalisasi, minat masyarakat untuk bergotong royong semakin berkurang dari waktu ke waktu. Sehingga membuat kegiatan jumat bersih dan sehat tidak terlaksana secara baik. Tentu saja sangat memprihatinkan karena meredupnya kebudayaan gotong royong tersebut. Padalah negara kita ini terkenal dengan sikap ramah dan gotong royong dan hari Jumat tersebut juga identik dengan hari yang suci atau bisa juga berkaitan dengan “ kebersihan sebagian dari iman “.jumat-bersih1

Maka dari itu,  mahasiswi D III Kebidanan Blora sangat berantusias pada hari Jum’at. Pada pagi hari pukul 07.00 WIB semua Mahasiswi D III Kebidanan Blora mengikuti senam yang di pandu oleh perwakilan dari mahasiswi (secara bergantian), yang handal dibidangnya. Selain senam, ada juga kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar gedung Kebidanan Blora, meliputi membersihkan rumput liar yang tumbuh di halaman, menyapu daun-daun yang berguguran, dan memungut sampah-sampah yang kemudian dibuang pada tempat sampah terdekat. Dengan menggunakan peralatan arit, sapu dan gerobak sampah. Kegiatan ini tidak melelahkan karena dikerjakan secara gotong royong antar mahasiswi dengan mahasiswi dan antar mahasiswi dengan dosen maupun staff karyawan. Tanpa kita sadari bahwa kita telah membantu penjaga kampus untuk membersihkan lingkungan sekitar kampus.

Jum’at Bersih dan Sehat di ketua-i oleh Titin Sulistyorini H.P.P kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Himpunan  Mahasiswa (HIMA) devisi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang di bantu oleh anggota organisasi baik HIMA maupun DEMA.

jumat-bersih2Setelah kegiatan tersebut selesai, mahasiswi mendapatkan jam istirahat untuk mempersiapkan kegiatan perkuliahan yang biasanya dimulai pada pukul 09:00 WIB. Dengan ini kebersihan lingkungan kampus dapat dijaga, namun kegiatan perkuliahan tidak ada yang ditinggalkan. Dengan diadakanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dan seluruh warga D III Kebidanan Blora dapat menjaga kebersihan lingkungan dan agar tubuh tetap terjaga kesehatanya, serta kegiatan ini bisa menjadi salah satu bentuk refreshing bagi warga D III Kebidanan Blora. Selain dari mahasiswi Kebidanan, kegiatan ini juga melibatkan para dosen serta staff karyawan dari Jurusan Kebidanan. Dengan demikian kebersihan lingkungan kampus 4 Poltekkes Kemenkes Semarang akan tetap terjaga dan masalah kebersihan akan semakin mudah ditanggulangi. Kuncinya yaitu komitmen dan kerjasama dari semua warga Kebidanan Blora.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *