SEMANGAT KARTINI ADA PADA DIRI KAMI

whatsapp-image-2019-04-26-at-16-03-28Purwokerto. Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Prodi DIII Kebidanan Purwokerto menyelenggarakan beberapa kegiatan, di antaranya upacara peringatan Hari Kartini, syukuran dan doa bersama. Sekaligus penyerahan piala kejuaraan Dies Natalis XVIII Poltekkes Kemenkes Semarang, yaitu Juara 2 Lomba Essay dan Juara 3 Lomba Tilawah Putri.

R.A Kartini, sesosok wanita dari Jepara yang merupakan pejuang emansipasi wanita di Indonesia. Sudah sepatutnya sebagai wanita kita harus meneladani sikap-sikap yang dimiliki oleh Ibu Kartini. RA Kartini merupakan sosok yang pengasih. Kasih sayangnya diungkapkan di dalam sebuah surat kepada Ny. Abendanon pada tanggal 8 Agustus 1903. Dia mengatakan bahwa “Moga – moga saya diperbolehkan memangku anak – anak itu dan saya akan mengasihi anak – anak itu”. Ini menunjukan betapa sayangnya R.A Kartini terhadap anak-anak didiknya. Sikap ini diteladani oleh para pendidik di Prodi DIII Kebidanan Purwokerto yang mendidik anak didiknya menjadi calon bidan yang cerdas dan beretika sehingga setelah lulus nanti mereka dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak di Indonesia.

whatsapp-image-2019-04-26-at-16-03-28-1Selain itu, R.A Kartini juga adalah sosok yang sederhana dan rajin. Meskipun dia berhenti bersekolah, dia tetap belajar sendiri di rumahnya. Bahkan dia selalu mengirim tulisan yang berisi pemikiran-pemikiran dirinya kepada majalah-majalah yang ada di Belanda. Dia juga selalu berkirim surat untuk bertukar pikiran kepada teman-temannya yang ada di Belanda. Hasil surat-surat tersebut telah dibukukan dan sangat terkenal dengan judul Habis Terang Terbitlah Terang.whatsapp-image-2019-04-26-at-16-03-28-2

Dengan meneladani sosok R.A Kartini, sebagai bidan, kita berjuang untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita Ibu Kartini untuk menyelamatkan kaum perempuan. Kesehatan perempuan sangat penting untuk dijaga, karena perempuanlah yang menjadi tonggak kesehatan di suatu keluarga, dan keluarga yang sehat akan menjadikan negara yang kuat.

whatsapp-image-2019-04-26-at-16-03-29 whatsapp-image-2019-04-26-at-16-03-28-3

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *