Seminar Nasional Kebidanan “Implementasi Undang-Undang Kebidanan Dan Optimalisasi Peran Bidan Di Era Revolusi 4.0

SEMARANG – HIMA, DEMA serta Ikatan Alumni bekerjasama menyelenggarakan Seminar Nasional Kebidanan 2019 pada tanggal 2 November 2019 di PO Hotel Semarang ballroom 3 lantai 7, Jl. Pemuda no. 118 kota Semarang. Seminar Nasional Kebidanan dengan tema “Implementasi Undang-Undang Kebidanan Dan Optimalisasi Peran Bidan Di Era Revolusi 4.0” dengan 3 pembicara yaitu Dr. Emi Nurjasmi,M.Kes selaku Ketua Umum Pengurus Pusat IBI, M Ferry Wong selaku Enterpreneur, dan Ibu Ida Ariyanti,S.SiT,M.Kes selaku Kaprodi Sarjana Terapan dan Profesi Bidan Semarang. Peserta seminar terdiri dari  mahasiswi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang, peserta luar dari berbagai instansi pendidikan maupun instansi kesehatan dengan berbagai daerah seperti DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, NTT, Lampung, Papua, dan lain sebagainya, benar-benar dari Sabang sampai Merauke dengan jumlah peserta mencapai 895.

Acara dimulai pukul 07.30 diawali dengan Pembukaan sekaligus doa, tari pembuka, menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan ketua panitia, sambutan oleh Ibu Kepala Jurusan Kebidanan, dan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Bapak Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang. Selanjutnya masuklah pada inti acara yaitu sesi pemaparan materi oleh pembicara.

img-20191103-wa0161

Sesi pertama oleh Dr.Emi Nurjasmi,M.Kes dengan materi “Implementasi Undang-Undang Kebidanan no. 4 Tahun 2019 Dalam Jenjang Karir Bidan”. Disahkannya Undang Undang Kebidanan no. 4 tahun 2019  bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Bidan, meningkatkan mutu pelayanan kebidanan, memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Bidan dan klien, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Wewenang bidan pada tiap tingkatan pendidikan, proses sertifikasi, lisensi, dan registrasi, peran bidan, pelimpahan wewenang. Akhir kata, Ketua umum PP IBI berpesan : We all have a role in assuring that women have respectful midwifery care! Midwives of the world : delivering the future!

Sesi kedua oleh M Ferry Wong sebagai Enterpreneur dengan materi “Peluang Enterpreneurship bagi Bidan di Era Revolusi 4.0”. Beliau ahlinya di bidang Akupunktur, keahlian yang dapat dipelajari oleh Bidan dijadikan peluang untuk berwirausaha  sesuai dengan bidang dan wewenang yang dimiliki oleh bidan. Beliau juga memaparkan mengenai Akupunktur, Jaripunktur, Obespunktur, dan lain sebagainya.

Sesi ketiga oleh Ibu Ida Ariyanti,S.SiT,M.Kes dengan materi “Upaya Penguatan Profesi Bidan dalam Mempersiapkan Generasi Berkualitas”. Bidan memiliki peran penting dalam pembentukan generasi yang berkualitas, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Bidan adalah meningkatkan kesehatan dan pemeliharaan, pencegahan penyakit, deteksi dini masalah kesehatan, dan meningkatkan mutu atau kualitas dari asuhan kehamilan, persalinan, BBL, nifas dan balita. Satu hal ditekankan oleh beliau, bahwa : Midwife not just delivery a baby but more than that!

Materi seminar lengkap dapat didownload pada link di bawah ini.

Materi seminar Dr. Emi Nurjasmi,M.Kes

Materi seminar M Ferry Wong

Materi seminar Ida Ariyanti, S.SiT, M.Kes

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Ariel berkata:

    How long have you lived here? https://massivetradinginvestment.com/stmap_19xorppt.html?vardenafil.nimodipine.levitra betnovate n cream for fairness in hindi Prison breaks took place in Pakistan on July 31 in a Taliban-led operation, and in Iraq at the Abu Ghraib prison overnight on July 22. Some 500 convicts, among them senior al Qaeda operatives, escaped from Abu Ghraib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *