Sumpah Profesi Bidan

SEMARANG – Sumpah profesi merupakan salah satu syarat bagi lulusan untuk melaksanakan tugas dan wewenang dalam memberikan asuhan kepada klien sehingga dalam memenuhi kewajiban mampu memiliki komitmen sebagai bidan profesional dan bertanggungjawab bagi dirinya, profesi dan Tuhan Yang Maha Esa.

Selasa 27 Oktober 2020 telah terlaksana sumpah dan janji bidan Jurusan Kebidanan Semarang yang diikuti oleh prodi D3 kebidanan semarang 51 mahasiswa kelas reguler, prodi d3 kebidanan semarang kelas kendal 13 mahasiswa, 19 mahasiswa RPL , prodi d4 kebidanan semarang 37 mahasiswa dan profesi bidan semarang 145 mahasiswa untuk diserahkan kembali kepada orang tua wali mahasiswa. Pada kesempatan hari ini pula, 265 lulusan telah disumpah untuk menjadi bidan. Sumpah dan janji bidan dimasa pandemi ini membuat terkesan dari berbagai pihak, sumpah dan janji bidan dilaksanakan secara luar jaringan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dengan dihadiri oleh para dosen dan para tamu undangan serta perwakilan mahasiswa dari tiap prodi yang diikuti dengan perwakilan mahasiswa dengan 4 agama yang berbeda yaitu Islam, Hindu, Kristen dan Katolik. Tak hanya itu, sumpah dan janji bidan ini juga diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan menggunakan media aplikasi zoom meeting dimana para mahasiswa disumpah melalui media di rumah masing-masing. Sumpah dipimpin oleh Ketua IBI Cabang kota Semarang, Ibu Nawangsih siti zulaikah SSIT, M H kes. dan disaksikan oleh Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Ketua Jurusan Kebidanan, Sekretaris Jurusan, Rohaniawan Islam, Kaprodi di lingkungan Kampus 1,  para tamu undangan (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Direktur Rumah Sakit, Kepala Puskesmas) serta orang tua/Wali Lulusan.

Pada tahun ini semua lulusan belum mengikuti Ujian Kompetensi Nasional  (UKOM) dikarenakan pandemi Covid-19 namun akan dilaksanakan pada bulan November mendatang diharapkan semua lulusan dapat lulus 100% agar mampu bersaing di dunia kerja nantinya, lulusan kami bekali dengan pelatihan sertifikasi keahlian  diantaranya : Soft Skill, Penanganan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal (PPGDON), sertifikasi baby spaa, sertifikat  IT dan sertifikat  TOEFL.

Keberhasilan mahasiswi kami tidak lepas dari dukungan dan support dari semua pihak   untuk itu pada kesempatan yang  berbahagia ini kami seluruh civitas akademika Jurusan Kebidanan Semarang  menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang dan ibu Ketua Jurusan Kebidanan yang telah memberikan  fasilitas dan dukungan baik  moril, materiil selama proses pembelajaran hingga anak anak kami bisa menyelesaikan pendidikan di Jurusan Kebidanan ini. Kami juga mengucapkan  terima kasih yang sebesar besarnya kepada  Kepala Dinas Kesehatan Semarang, kepala puskesmas, Direktur Rumah sakit   dan para pembimbing  di lahan praktek  yang telah memberikan ijin memfasilitas mahasiswa kami untuk mempraktikkan ilmunya, serta kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh dosen dan karyawan karyawati jurusan kebidanan semarang  yang telah mendidik, mengajarkan dan membimbing mahasiswa tanpa mengenal waktu.

Semoga lulusan dapat segera mengabdikan dirinya guna meningkatkan derajat Kesehatan Ibu dan Anak di dunia, dan meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *