Workshop Kurikulum Jurusan Kebidanan 2020

SEMARANG –  Dalam upaya peningkatan tenaga profesi bidan yang berkualitas, institusi penyelenggara pendidikan profesi bidan dituntut mampu menghasilkan tenaga profesi bidan yang profesional, maka diperlukan perhatian, dukungan dan perencanaan matang dan khusus dalam mempersiapkan lulusannya. Melalui pendidikan Kebidanan, diharapkan bidan mampu memberdayakan masyarakat untuk berperan dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui  upaya promotif dan preventif. Untuk itu bidan harus mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang profesional  agar mampu memberikan asuhan kebidanan yang optimal serta berkontribusi dalam  penelitian terapan yang terkait dengan pelayanan kebidanan. Dengan adanya kurikulum  bidan yang baru dan terjadinya perubahan struktur kurikulum maka perlu diadakan workshop tentang evaluasi kurikulum pendidikan bidan, sehingga penerapan kurikulum bidan yang baru bisa diaplikasikan dengan sama di tiap prodi kebidanan di Jurusan kebidanan. Namun karena pandemic, maka kegiaan ini dilaksanakan secara virtual.

whatsapp-image-2020-10-16-at-5-20-15-pm-1

Kegiatan workshop kurikulum ini dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 17 bulan Oktober 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen di lingkungan Jurusan Kebidanan, seperti: Prodi Kebidanan Semarang, UPP Kampus Kendal, Prodi Kebidanan Magelang, Prodi Kebidanan Blora, dan Prodi Kebidanan Purwokerto dengan jumlah keseluruhan peserta 100 orang. Pelaksanaan kegiatan diadakan di lantai 5 menggunakan media zoom meeting untuk Prodi yang berada di luar Semarang. Dalam kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber yaitu: Dr. Yektiningtyastuti, S.Kp, M.Kep, Sp.Mat (Dirjen Vokasi Kemendikbud) , dan Ibu Istirochah, S.SiT, Bd, M.Kes (Ketua PC IBI Kota Semarang).

Dalam kesempatan ini narasumber Ibu Istirochah, S.SiT, Bd, M.Kes (Ketua PC IBI Kota Semarang) menyampaikan materi tentang Strategi pendidikan profesi kebidanan dimasa pandemi covid-19. Sedangkan Ibu  Yektiningtyastuti, S.Kp, M.Kep, Sp.Mat mengupas tuntas tentang Pengembangan KPT Kebidanan Pasca Permendikbud No 3 2020, konsep model pembelajaran klinik di masa pandemic, evaluasi pembelajaran pandemic, serta pengembangan Desain Pembelajaran Kreatif.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *