Tujuan Profesi Bidan

PROGRAM PROFESI BIDAN

Program studi profesi merupakan pendidikan keahlian khusus yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana atau sederajat untuk mengembangkan bakat dan kemampuan memperoleh kecakapan yang diperlukan dalam dunia kerja. Program studi profesi dilaksanakan sebagai program lanjutan yang terpisah atau tidak terpisah dengan program sarjana atau sarjana terapan.

Tujuan Program Studi Profesi Bidan

Menghasilkan Bidan yang profesional dan unggul, bermoral, berkepribadian luhur, serta memiliki integritas.

Setiap lulusan dari Pendidikan Profesi Bidan dikualifikasikan dalam kelompok bidang keahlian profesi spesifik (level 7) yang mempunyai kualifikasi sebagai berikut:

  1. Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk pekerjaan spesifik profesi bidan dan memiliki kompetensi kerja minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesi bidan.
  2. Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesi bidan berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.
  3. Mampu mengkomunikasikan pemikiran/argument atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi bidan dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi kepada masyarakat terutama masyarakat profesi bidan.
  4. Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat.
  5. Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja.
  6. Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi.
  7. Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesi bidan.
  8. Mampu bekerjasama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesi bidan.
  9. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi bidan dan kliennya.
  10. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesi bidan.
  11. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  12. Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi bidan atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesi bidan.
  13. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesi bidan.