Kajian Fiqih

SEMARANG-Hari Jum’at,  10 Agustus 2021 bertepatan dengan 1 Muharram 1443 H, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan Semarang telah mengadakan acara kajian islam dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriah dengan tema “Dengan Hikmah Tahun Baru Hijriah Mari Tumbuhkan Semangat Hijrah di Jalan Lillah” dengan pembicara Ustadzah Lulu Susanti, S.Pd.I., M.Ag. Acara kajian islam ini dimulai pada pukul 13.00 – 15.00 dengan dihadiri oleh mahasiswa aktif Jurusan Kebidanan Semarang dan juga terbuka untuk masyarakat umum.

Kajian Islam ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua Jurusan Kebidanan Semarang oleh Ibu Sri Rahayu, S.Kp,Ns, S.Tr.Keb, M.Kes. Kemudian dilanjutkan dengan pembicara Ustadzah Lulu Susanti, S.Pd.I., M.Ag serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Adapun materi yang disampaikan oleh Ustadzah Lulu Sintia, bahwa hijrah adalah berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Hijrah adalah amal ma’ruf nahyi munkar dan hukum hijrah yaitu fardhu ‘ain. Hijrah terbagi menjadi 2, yang pertama hijrah batin (hijrah dengan hati) yaitu dengan meninggalkan hawa nafsu yang menyeret kepada keburukan. Nafsu akan terus menerus ada dalam manusia, akan tetapi manusia bisa mengaturnya karena sesungguhnya setiap manusia adalah tempatnya salah. Kedua, hijrah lahiriyah yaitu dengan menyelamatkan agamanya dari kerusakan. Semakin menjauhi kemaksiata, semakin Allah permudah jalan hijrah.

Agar hijrah tidak gagal dilakukan, maka sebaiknya lakukanlah hijrah dengan niat dan hati yang ikhlas, bersihkan hati, jiwa, dan raga, dekatkan diri dengan 3 mutiara kehidupan (Ilmu, Iman, Ihsan), berkumpulah dengan orang-orang sholih, dan istiqomah dalam hijrah. Jalan menuju hijrah ada 4 yaitu, taat kepada Allah dan Rasul, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, bersyukur kepada Allah dan kedua orang tua, dan berjihad harta dan jiwa.

Keuntungan bagi yang berhijrah yaitu meraih rahmat dan kasih sayang dari Allah, mendapatkan penghapusan dosa dan dijamin masuk surge, meraih perlindungan Allah, meraih tempat tinggal yang lebih baik di dunia dan pahala yang amat besar di akhirat, meraih surge dan tempat di surga sesuai keinginan, dan jaminan memperoleh tempat yang luas dan rezeki lapang di dunia akhirat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *