Profil

Jl. Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang

GEDUNG BARU JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

DSCN0624

Penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan bertujuan mendidik dan menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang professional, terampil dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan program pembangunan di bidang kesehatan baik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat. Era globalisasi dan pasar bebas menuntut terselenggaranya kegiatan pendidikan pada institusi- institusi pendidikan tenaga kesehatan seperti Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang terutama Jurusan Kebidanan untuk meluluskan tenaga kesehatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kesehatan nasinal maupun internasional.

Jurusan Kebidanan merupakan salah satu jurusan yang ada di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang. Atas dasar tersebut, penyelenggaraan pendidikan di Jurusan Kebidanan Kemenkes Semarang perlu dikelola secara berkualitas, tertib manajemen dan professional. Manajemen penyelenggaraan program pendidikan merupakan suatu kegiatan yang komplek, mencakup pelaksanaan berbagai fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penyususnan staf, pengarahan/pembimbingan, pelaksanaan, pencatatan, pelaporan, penganggaran, penilaian serta pengawasan), dan pengelolaan sumber daya institusi (keuangan, kepegawaian, sarana dan prasarana serta informasi) pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengambangan institusi, dan kerjasama dengan instansi lain.

Dalam rangka peningkatan manajemen penyelenggaraan pendidikan pada Jurusan Kebidanan dibawah Instansi pendidikan Politekbik Kesehatan Kemnetrian Kesehatan Semarang c/q Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementrian Kesehatan RI telah menerbitkan Pedoman Organisasi dan Tata Laksana Polteknik Kesehatan Kementrian Kesehatan sebagai tindak lanjut pelaksanaan dari Permenkes RI No. 890 tahun 2007 tentang Organisasi dan tata kerja Poltekkes. Disamping itu, berdasarkan Kepmenkes RI No 855/MENKES/SK/IX/2009 tentang Susunan dan Uraian Jabatan serta Tata Hubungan Kerja Polteknik Kesehatan Kementrian Kesehatan maka Jurusan Kebidanan menyusun Buku Uraian Jabatan Struktur Organisasi Jurusan kebidanan Periode Tahun 2014 – 2018.