Workshop Review Dan Analisis Soal Program Pendidikan Profesi Bidan

SEMARANG – Untuk meningkatkan tingkat kelulusan diperlukan upaya yang sistematis yang didukung oleh semua pihak dari awal hingga ahir proses pendidikan. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah pengembangan soal uji kompetensi ditingkat institusi yang memiliki kualitas yang setara dengan soal nasional. Pengembangan soal ini akan memacu kesetaraan kedalaman, variasi kasus dan intervensi yang seharusnya mampu dikuasai oleh lulusan. Soal jenis ini jika dipaparkan kepada mahasiswa akan memacu critical thinking yang lebih baik dan lebih siap menghadapi uji kompetensi nasional.

Berdasarkan hal tersebut maka demi keberhasilan peserta didik mencapai target yang diharapkan diperlukan kumpulan soal yang telah mengacu atau seperti soal model uji kompetensi sehingga diperlukan review soal-soal melalui Workshop Item Review dan AnalisisSoal Kebidanan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Laras Asri Resort and Spa, Kota Salatiga pada tanggal 22 s/d 23 Oktober 2021. Diharapkan dengan adanya review soal ini didapatkan soal-soal yang berkualitas untuk melatih kemampuan (Refreshing Soal UKOM) para mahasiswa.

Metode kegiatan Review dilakukan dengan cara : para peserta dibagi per kelompok, dimana 1 kelompok terdiri dari 2 dosen untuk mereview 1 set soal yang terdiri dari 7 area kompetensi, yakni : pra nikah dan pra konspesi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita dan pra sekolah, kespro dan KB.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *