Penulis: JURUSAN KEBIDANAN SEMARANG

PRODI DIII KEBIDANAN PURWOKERTO MENGAJAK WARGA DESA PANDAK HIDUP “CERDIK” 0

PRODI DIII KEBIDANAN PURWOKERTO MENGAJAK WARGA DESA PANDAK HIDUP “CERDIK”

Purwokerto. Dalam rangka pembelajaran Praktik Kebidanan Komunitas, mahasiswa semester 5 Prodi DIII Kebidanan Purwokerto melaksanakan praktik di desa Pandak, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Upaya pertama yang dilakukan mahasiswa adalah melakukan pengkajian data kesehatan dari rumah ke rumah, kemudian hasilnya dikemukakan dalam acara Musyawarah Masyarakat Desa Pandak. Dalam acara tersebut dirumuskan beberapa masalah prioritas yang perlu segera diatasi, yaitu: ibu hamil risiko tinggi, stunting, imunisasi, penyakit menular dan penyakit tidak menular. Bersama dengan masyarakat membuat komitmen untuk menangani masalah tersebut bersama-sama. Upaya jangka pendek yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain: penyuluhan tentang kehamilan risiko tinggi, pentingnya imunisasi, gizi balita, serta tentang penyakit menular dan penyakit tidak menular.

img_9012

Dalam program andalan desa, mahasiswa mengajak ibu hamil untuk mengikuti kelas ibu hamil sekaligus melakukan prenatal yoga bersama-sama, lomba pembuatan MP ASI guna memahamkan kepada ibu untuk menyiapkan nutrisi yang baik untuk balitanya sehingga mencegah terjadinya stunting. Acara puncak mahasiswa mengadakan senam bersama serta pemeriksaan kesehatan gratis. Masyarakat Pandak sangat antusias mengikuti acara tersebut. Mahasiswa juga menekankan arti penting hidup “CERDIK” yaitu Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres dengan baik.

yoga penyuluah mpasi

tidak-berjudul Selain mengelola komunitas, mahasiswa juga melakukan pengkajian berfokus pada keluarga dan menyusunnya sebagai laporan indivdu. Masing-masing mahasiswa melakukan pengelolaan kesehatan dengan pendekatan keluarga terutama pada keluarga yang memiliki masalah atau faktor risiko kesehatan ibu dan anak.

img_8992Praktik Kebidanan Komunitas resmi ditutup oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, diikuti dengan serah terima komitmen warga dalam melanjutkan program kesehatan yang telah dirintis oleh mahasiswa. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi  kepada mahasiswa karena telah mendukung program pemerintah terutama pada program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Demikian rangkaian Praktik Kebidanan Komunitas telah terlaksana dengan baik, semoga dapat memberikan manfaat dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di desa Pandak pada khususnya.

img_9005img_8969

read more