PENGABDIAN MASYARAKAT JURUSAN KEBIDANAN “DETEKSI DINI KANKER PADA WANITA IVA TEST DAN SADANIS”

dsc_0059SEMARANG- Data WHO menunjukkan penyakit kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia, dimana kanker sebgai penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13 % setelah penyakit cardiovaskular. Setiap tahun 12 juta orang di dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia. Kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher rahim

Berdasarkan surat edaran dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja Nomor: B-127/OASE-KK/IX/2017 tanggal 2 September 2017 hal “Deteksi Dini: Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker dan bertepatan dengan Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional” maka Jurusan Kebidanan bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan Poltekkes Kemenkes Semarang dan Dharma Wanita Persatuan Kemenag Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk Pemeriksaan Deteksi Dini kanker serviks dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test)  dan Pemeriksaan payudara Klinis (SADANIS). Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2017 dari pukul 08.00 sd selesai.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 orang yang terdiri dari dosen dan karyawan lingkungan kampus 1, anggota Darmawanita Persatuan Poltekkes Kemenkes Semarang dan Kemenag Propinsi Jawa Tengah serta  dari masyarakat sekitar kampus. Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh Ketua Jurusan Kebidanan Ibu Dr. Runjati,M.Mid.

Pemeriksaan IVA dan SADANIS  dilakukan di Laboratorium Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang dan dilakukan oleh Dosen Jurusan Kebidanan  serta  Provider dari IBI Kota Semarang. Sebelum dilakukan pemeriksaan, seluruh peserta diberikan pendidikan kesehatan terlebih dahulu tentang kanker serviks dan payudara oleh dosen jurusan kebidanan yaitu ibu Sri Rahayu, STr.Keb,M.Kes dan Ibu Triana Sri Hardjanti,M.Mid.

dsc_0061

Pendidikan Kesehatan tentang kanker serviks

 

dsc_0063

Anamnese peserta IVA

 

dsc_0076

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Gavin berkata:

    I can’t get a dialling tone https://gruppogreggiurbani.com.ar/stmap_21snbbax.html?cialis.keftab.urispas panadol extend 665mg “Members of Congress might agree that we need new residency spots,” says Ray Quintero, director of the department of government relations for the association. But “the cost of residency spots is quite expensive. So there’s been an inability to find the funding.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *