Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO)

SEMARANG – Dalam sebuah organisasi diperlukan seorang pemimpin. Pemimpin adalah orang yang mendorong, mempengaruhi dan menggerakan orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan atas manajemen dan lebih dari itu adalah menentukan keberhasilan administrasi. Ini berarti bahwa kepemimpinan akan menentukan tercapainya tujuan atau tidaknya suatu tujuan organisasi.

Seorang pemimpin harus memiliki sifat-sifat yang baik. Contohnya adalah Ki Hajar Dewantara beliau memiliki sifat diantaranya adalah Ing Ngarsa Sung Tuladha (Pemimpin harus bisa menjadi teladan, pembimbing, dan memberikan contoh kepada yang dipimpiny), Ing Madya Mangun Kusuma (Seorang pemimpin harus bisa mengayomi, menjalin kebersamaan dan memotivasi untuk mencapai tujuan. Mau menerima kritik dan saran, serta mampu menggugah semangat), Tut Wuri Handayani (Pemimpin harus mampu menempatkan diri di belakang. Harus mampu menyiapkan pemimpin selanjutnya). Contoh lain adalah RA. Kartini. Beliau mempunyai sifat yang tegas dan tidak mudah putus asa.

Keuntungan Mengikuti Organisasi adalah melatih tanggung jawab, belajar menyelesaikan masalah, memperbanyak relasi, melatih kemampuan komunikasi, membuka wawasan dan menambah pengalaman.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *