Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas (Pelayanan KIA) dan Rumah Sakit 2020 Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Magelang

MAGELANG — Sistem informasi pada pelaksanaan program KIA sudah ada sejak tahun 1985 di Indonesia dengan menggunakan Pemantauan Wilayah Setempat (PWS). PWS digunakan sebagai alat untuk memantau program KIA di suatu wilayah secara kontinyu. Sehingga jika terjadi sesuatu dapat ditindaklanjuti secara cepat dan tepat. Program KIA yang dipantau dengan PWS meliputi pelayanan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, ibu dengan komplikasi kebidanan, KB, bayi baru lahir (dengan atau tanpa komplikasi), bayi, dan balita. Dalam melakukan pemantauan, PWS KIA melakukan kegiatan yang terdiri dari pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data serta penyebarluasan informasi ke penyelenggara program dan pihak terkait dan tindak lanjut.

screenshot-27

Untuk mencapai salah satu sasaran Mutu Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Magelang (Lulusan bersertifikasi Sistem Informasi Kesehatan berbasis Kesehatan Ibu dan Anak), Pada tanggal 15-18 September 2020 telah dilaksanakan Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Pelayanan (KIA) dan Rumah Sakit 2020 secara daring bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Jawa Tengah dan Dinkes Kabupaten Temanggung. Pelatihan ini diikuti  sejumlah  172 mahasiswa tingkat akhir. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, lulusan mempunyai  inovatif dalam mengembangkan pelayanan Kebidanan sesuai dengan  kompetensinya.

screenshot-25

screenshot-26

screenshot-24

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini dilaksanakan dengan hari ke-1 pembelajaran teori (kelas besar) , hari ke-2 & 3 pembagian kelompok kecil dan pembelajaran praktik membaca kohort, pengisian kohort  dsb. Selama berlangsungnya kegiatan pelatihan ini pelatihan berjalan dengan lancar . Hanya terkadang kendala di ke stabilan signal internet dari masing-masing peserta berbeda.

screenshot-23

screenshot-16

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Rufus berkata:

    Nice to meet you http://www.helloartdept.com/wordpress/stmap_39bocxge.html?lithium.aspirin.levitra paracetamol ibuprofen abstand kleinkind China’s official PMI, which focuses on big and state-ownedfirms and is published by the National Bureau of Statistics,rose to 50.3 in July from 50.1 in June. Economists had expectedit to fall to 49.9.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *