Prodi DIII Kebidanan Blora Poltekkes Kemenkes Semarang Andil Aktif dalam Blora Education Fair 2020 “Together with Poltekkes for Great Generation”

Kalian pernah merasa kebingungan mencari universitas? Atau mencari jurusan yang tepat dengan passion kalian? Yap, tepat sekali! Pada hari Jumat-Minggu, 24-26 Januari 2020 yang lalu, di Gor Mustika Blora terdapat acara Blora Education Fair atau yang biasa disingkat dengan BEF. Acara tahunan ini diikuti oleh dua puluh satu PTN/PTS/Politeknik yang ada di Indonesia, salah satunya termasuk Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Sasaran dari BEF 2020 adalah seluruh pelajar di Kota Blora terutama siswa-siswi kelas XII yang akan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi DIII Kebidanan Blora merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk menggerakkan dan menghidupkan suasana kampus. Salah satunya dengan mengikuti acara BEF tahun 2020 dengan mengusung tema “Together with Poltekkes for Great Generation”. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan Prodi DIII Kebidanan Blora kepada siswa-siswi SMA di Kota Blora khususnya kelas XII yang sedang mencari Perguruan Tinggi untuk melanjutkan studi-nya. Selain itu, Prodi DIII Kebidanan Blora juga ikut andil dalam meramaikan acara BEF 2020 dan membantu daerah Kabupaten Blora untuk memberikan pengetahuan seputar Perguruan Tinggi kepada masyarakat yang datang dalam acara tersebut.

whatsapp-image-2020-02-21-at-09-21-29Hari pertama diadakannya BEF, yaitu hari Jum’at, 24 Januari 2020 diawali oleh MC yang membuka acara dengan menggunakan bahasa Jawa yang merupakan Bahasa Daerah, karena BEF 2020 juga mengusung kearifan lokal di era milenial sekarang ini. Secara resmi, BEF 2020 dibuka oleh perwakilan Bupati Blora dengan memukul gong sebanyak 3x, Beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua civitas akademika yang telah berkenan membantu siswa-siswi di Kabupaten Blora untuk mengenal lebih jauh mengenai Perguruan Tinggi. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari LKP Merpati, Sabun Band, Unblessed, dan lain – lain yang merupakan hasil karya dari masyarakat Blora. Setelah acara pembukaan, pengunjung dapat langsung menuju ke stand Perguruan Tinggi yang tergabung dalam acara BEF 2020. Tentunya, stand Poltekkes Kemenkes Semarang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan mengusung tema “Together with Poltekkes for Great Generation” menjadikan stand Poltekkes lebih menarik. Di sana terdapat berbagai informasi mengenai jurusan apa saja yang terdapat di Poltekkes Kemenkes Semarang. Mau tahu apa saja jurusannya? Ada Jurusan Kebidanan, Keperawatan, Radio Diagnostik, Teknologi Bank Darah, Gizi, Analis Kesehatan, Keperawatan Gigi, RMIK, dan Kesehatan Lingkungan.

whatsapp-image-2020-02-21-at-09-22-09Poltekkes Kemenkes Semarang mempunyai 9 kampus yang tersebar diberbagai daerah, salah satunya Kampus IV Blora. Jurusan yang ada di Kampus IV Blora Poltekkes Kemenkes Semarang adalah Program Studi DIII Kebidanan Blora dan DIII Keperawatan Blora. Pada acara BEF tahun 2020 ini, Prodi DIII Kebidanan Blora menjelaskan berbagai jalur untuk masuk ke Poltekkes Kemenkes Semarang, tips and trick masuk Poltekkes 2020, dan kegiatan apa saja yang terdapat di Poltekkes Kemenkes Semarang. Jalur masuk Poltekkes Kemenkes Semarang diantaranya ada PMDP, yaitu seleksi menggunakan raport semester 1-5; Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru); SIMAMA (Sipenmaru Bersama) yang saat ini sudah dibuka jalur pendaftarannya; Jalur Uji Tulis Umum, dimana pendaftar diwajibkan untuk datang ke Poltekkes yang dituju; dan Jalur Mandiri, yaitu ujian berbasis CBT. Tips and Trick yang dibagikan oleh rekan-rekan mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Blora yaitu banyak belajar dari soal-soal Sipenmaru tahun sebelumnya dan sering-sering mengerjakan bank soal. Tidak hanya untuk siswa-siswi yang berasal dari jurusan IPA loh! Sekarang Poltekkes Kemenkes Semarang mempersilakan seluruh kalangan siswa-siswi dari jurusan apa saja untuk berlomba-lomba mendapatkan kursi di Poltekkes. Jadi, sistem penerimaannya murni berasal dari ujian yang dilaksanakan oleh Poltekkes.

Hari kedua acara BEF 2020, Kampus IV Blora mengadakan pemeriksaan fisik seperti tekanan darah dan pengukuran tinggi badan pada pengunjung yang datang dan dilakukan oleh mahasiswa Prodi DIII Kebidanan maupun Prodi DIII Keperawatan. Mengapa demikian? Kami, sebagai mahasiswa ingin menunjukkan kepada adik-adik dan masyarakat Kabupaten Blora bahwa kami memilih Poltekkes Kemenkes Semarang tidak hanya diajarkan materi dalam kelas, namun skill kami dalam melayani masyarakat juga diajarkan dengan sangat baik. Hal itu semakin menarik siswa-siswi kelas XII untuk berkunjung ke stand Poltekkes Kemenkes Semarang.

Hari terakhir dalam acara BEF 2020 ditutup dengan doorprize bagi pengunjung yang datang ke stand Poltekkes Kemenkes Semarang. Ada yang mendapat zonk, stiker Poltekkes Kemenkes Semarang, sampai gantungan kunci dengan gambar lambang Poltekkes Kemenkes Semarang. Acara utamanya pun diakhiri dengan pengumuman lomba yang diadakan oleh panitia BEF 2020.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *